Selasa, 21 Mei 2013

RPP IPA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar
Dosen Pengampu : Agus Wiyanto, S.Pd, M.Pd.

 

Disusun Oleh:
Nama      : Zaenal Abidin
Kelas      : 3D PGSD
NPM       :11120175




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
2012/2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Nama Sekolah             : SD N 2 Pucangrejo
                                    Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Kelas/Semester            : V/1
                                    Alokasi Waktu            : 2 x 35menit


A.    Standar Kompetensi
Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
C.     Indikator Pencapaian
1.      Menjelaskan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan .
2.      Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagi sumber makanan.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
2.      Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mendiskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai  sumber makanan.
E.     Karakter siswa yang diharapkan
1.      Disiplin
2.      Tekun
3.      Tanggung jawab
4.      Ketelitian
5.      Kerja sama
6.      Toleransi
7.      Percaya diri
8.      Keberanian
F.      Materi Pembelajaran
1.      Mendiskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.

G.    Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Make a match (pencocokan)
H.    Sumber Belajar/ Alat dan Bahan Ajar (media)
1.      Choiril Azmiyawati. Wigati Hadi Omegawati. Rahma Kusuma Wati IPA saling temas 5 kelas V SD/MI
2.      Bagan dan Permainan
I.       Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
b.      Guru mengucapkan salam.
c.       Guru dan siswa. berdoa bersama.  . (iman dan taqwa)
d.      Guru mempresensi siswa. (profesional)
e.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi sesuai silabus.(gigih)
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menanyakan apakah siswa sudah pernah mengetahui penjelasan dari Omnivora, Herbivora dan karnivora
2)      Guru menyampaikan materi tentang mendiskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
b.      Elaborasi
1)      Guru membagi beberapa kelompok secara hiterogen
2)      guru menyampaikan tatacara dalam melaksanakan model pembelajaran Make a match
3)      guru membagikan gambar pada peserta didik
4)      selanjutnya siswa mencari ketua kelompok ( ketua satu Omnivora, ketua dua herbivora, ketua tiga karnivora
c.       Konfirmasi
1)      Guru memberikan penguatan
2)      Guru memberian penghargaan kepada siswa yang aktif selama proses pembelajaran

3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru memberikan evaluasi
b.      Guru memberi kesimpulan atas materi yang telah disampaikan
c.       Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam


J.      Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Intrumen
1. Menjelaskan ketergantungan manusia dan hewan ada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
2. Mendiskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan


1. Jelaskan pengertian omnivora, herbivora dan karnivora...........

2.  Sebutkan masing-masing 3 contoh dari omnivora, herbivora dan karnivora............


K.    Kriteria Penilaian
NO
Aspek
Kriteria
skore
1
Konsep
a.       Semua benar
b.      Sebagian besar benar
c.       Sebagian kecil benar
d.      semua salah
4
3
2
1



L.     Lembar Penilaian
NO
Nama siswa
Kerja sama
Partisipasi
Produk
Jumlah sekore
Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






Catatan:
@ Nilai: (Jumlah sekor : jumlah sekor maxsimal) X 10
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                           
                                                                                                Semarang,25 Oktober 2012
                        Mengetahui,
                        Kepala Sekolah                                                                   Guru Kelas
                       
              Agus Wiyanto, S.Pd, M. Pd.                                                        Zenal Abidin
            NIP........................................                                                      NPM. 11120175
































 



























1 komentar:

  1. Merkur & Ferencia: Merkur & Ferencia Merkur
    Merkur & Ferencia merkur - Merkur https://tricktactoe.com/ & Ferencia Merkur in Solingen, 바카라 사이트 Germany - Merkur filmfileeurope.com - Merkur Merkur - MERKUR https://febcasino.com/review/merit-casino/ - jancasino Merkur & Ferencia Merkur

    BalasHapus