Selasa, 23 April 2013

Bahan Ajar (LKS)


BAHAN AJAR

A.    Pengertian Bahan Ajar
         Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
         Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.  
B.     Bentuk Bahan Ajar
         Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
         Audio Visual seperti: video/film,VCD
         Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
         Visual: foto, gambar, model/maket.
         Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
C.    Cakupan Bahan Ajar
         Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
         Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
         Tujuan yang akan dicapai
         Informasi pendukung
         Latihan-latihan
         Petunjuk kerja
         Penilaian




D.    Penyusunan Peta Bahan Ajar (Contoh Mapel Biologi)
 


E.     Alur Analisis Penyusunan Bahan Ajar
 



LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

1)      Pengertian Lembar Kegiatan Siswa
         Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
         Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.  
         Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau praktik.
2)      Manfaat Lembar Kerja Siswa (LKS)

            Menurut tim instruktur PKG dalam Sudiati (2003 : 11-12), tujuan Lembar Kerja Siswa (LKS), antara lain:
  • Sebagai alternatif guru untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan suatu kegiatan tertentu.
  • Dapat mempercepat proses belajar mengajar dan hemat waktu mengajar.
  • Dapat mengoptimalkan alat bantu pengajaran yang terbatas karena siswa dapat menggunakan alat bantu secara bergantian.

3)      Tujuan Lembar Kerja Siswa (LKS)

            Azhar (1993) : 78) mengatakan bahwa “LKS dibuat bertujuan untuk menuntun siswa akan berbagai kegiatan yang perlu diberikan serta mempertimbangkan proses berpikir yang akan ditumbuhkan pada diri siswa. LKS mempunyai fungsi sebagai urutan kerja yang diberikan dalam kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler terhadap pemahaman materi yang telah diberikan”.

            Menurut tim instruktur PKG dalam Sudiati (2003 : 11), tujuan Lembar Kerja Siswa (LKS), antara lain:
  • Melatih siswa berfikir lebih mantap dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Memperbaiki minat siswa untuk belajar, misalnya guru membuat LKS lebih sistematis, berwarna serta bergambar untuk menarik perhatian dalam mempelajari LKS tersebut.



4)      Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut:
ü  Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan materi pembelajaran.
ü  Menyusun peta kebutuhan LKS
ü  Menentukan judul LKS
ü  Menulis LKS
ü  Menentukan alat penilaian
5)      Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:
ü  Judul, mata pelajaran, semester, tempat
ü  Petunjuk belajar
ü  Kompetensi yang akan dicapai
ü  Indikator
ü  Informasi pendukung
ü  Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
ü  Penilaian






 

CONTOH BAHAN AJAR
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

ENERGI DAN PENGGUNAANNYA
A.    Energi  Panas
Pernahkah kamu berjalan di siang hari yang panas? Apakah yang kamu rasakan?
Kamu tentu akan merasakan panas karena energi panas dari sinar matahari. 
1. Sumber Energi Panas
            Matahari menyinari bumi, sehingga siang hari tampak terang benderang. Adanya sinar matahari juga menjadikan bumi ini hangat. Matahari menyimpan energi panas yang tidak pernah habis. Apakah energi panas itu? Adakah sumber energi panas selain matahari?
            Gesekan dua buah batu secara terus menerus dapat menghasilkan energi panas. Nenek moyang kita membuat api dengan cara menggesekkan batu. Jika batu terus digesekkan, lama kelamaan dari antara kedua batu itu muncul percikan api. Api inilah yang digunakan nenek moyang untuk menyalakan tungku masak.Namun di zaman sekarang, kita tidak perlu menggesek-gesekkan batu untuk membuat api. Kita hanya perlu menggesekkan batang korek api atau menyalakan pemantik api otomatis. Kemudian api menyala.
            Jadi bukan hanya matahari yang menjadi sumber energi panas. Energi panas dapat diperoleh dari berbagai sumber lainnya. Semua yang dapat menghasilkan panas disebut sumber panas. Gesekan dua benda menyebabkan timbulnya energi panas. Lilin menyala menghasilkan panas.Sumbu kompor yang dinyalakan juga menghasilkan panas untuk memasak makanan.
 2.  Perpindahan Energi Panas
            Energi panas berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Untuk membuktikannya lakukan percobaan berikut ini.
            Panas dapat berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Gagang sendok semula tidak panas (dingin), tetapi setelah ujungnya ditempelkan pada api lilin yang panas, sendok menjadi panas. Panas berpindah dari api lilin ke sendok. Jadi, panas dapat berpindah dari sumbernya ke tempat lain. Perpindahan panas seperti percobaan di atas disebut konduksi.
            Konduksi yaitu perpindahan panas melalui suatu zat perantara tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. Adapun perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan partikel zat disebut konveksi. Contoh konveksi adalah perpindahan panas pada air. Ada juga perpindahan panas dengan pancaran atau radiasi. Contohnya energi panas yang berasal dari pancaran sinar matahari terasa pada kita yang ada di bumi.
            Dapatkah kita mencegah perpindahan panas? Jawabnya tentu tidak. Perpindahan panas akan tetap terjadi dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Namun, kita dapat memperlambat perpindahan panas itu. Misalnya dengan memasukkan air panas ke dalam termos.
            Termos dapat memperlambat perpindahan panas, tetapi tetap tidak mampu mencegahnya. Setelah beberapa hari atau minggu, air panas dalam termos akan menjadi dingin. Termos dapat memperlambat perpindahan panas. Air panas yang dimasukkan ke dalam termos dapat tetap panas untuk waktu yang lama. Bagian dalam termos terbuat dari botol kaca yang dindingnya berlapis dua. Dinding gelas dicat dengan warna putih perak. Ruang hampa antara kedua dinding botol dan cat putih perak  dapat memperlambat perpindahan panas. Bagian atas termos ditutup dengan gabus atau plastik tahan panas.

Mari kita lakukan kegiatan ringan berikut ini.
Tujuan:
Merasakan perpindahan energi panas.
Siapkan alat dan bahan-bahannya:
Sebatang lilin, korek api, dan sendok logam. 
Langkah-langkahnya:
1. Nyalakan lilin dengan korek api.
2. Pegang gagang sendok.
3. Dekatkan ujung sendok ke api lilin.
Setelah beberapa saat, apakah yang kamu rasakan?


Bahan Diskusi:
1. Apakah kamu merasakan gagang sendok yang kamu pegang makin lama
makin panas? Mengapa demikian?
2. Apa kesimpulanmu?



SOAL LATIHAN
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini pada buku tugasmu.
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
1. Berikut ini yang tidak termasuk sumber energi alternatif adalah . . . .
a. matahari                                           c. air terjun
b. minyak bumi                                   d. panas bumi

2. Benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut . . . .
a. konduktor                                        c. radiasi
b. isolator                                            d. konveksi

3. Sumber energi panas terbesar adalah . . . .
a. matahari                                           c. angin
b. air                                                    d. panas bumi

4. Salah satu manfaat energi panas matahari adalah ……
a. menjemur pakaian                           c. menggerakkan roda
b. menarik benda logam                      d. mengubah bentuk benda

5. Berikut ini adalah sumber energi panas, kecuali ….
a. bermain gitar                                   c. menyalakan kompor
b. menyalakan setrika                          d. menggosokkan tangan

6.Termos dapat memperlambat perpindahan energi ….
a. bunyi                                               c. panas
b. nuklir                                               d. matahari

7. Energi panas berpindah dari ….
a. tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
b. tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah
c. tempat yang rendah ke tempat yang tinggi
d. tempat bersuhu rendah ke tempat bersuhu tinggi

8. Energi panas juga disebut juga energi ….
a. kalor                                                c. listrik
b. motor                                               d. matahari

9. Perpindahan panas melalui suatu zat perantara tanpa disertai
perpindahan partikel-partikel zat tersebut disebut ….
a. radiator                                            c. konduksi
b. radiasi                                              d. konveksi

10. Sumber energi berikut ini yang cepat habis adalah ……
a. angin                                                c. matahari
b. aliran air                                          d. batu bara


B. Jawablah pertanyaan ini dengan jelas dan benar

1.    Apakah yang dimaksud dengan panel surya ?
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.    Mengapa ketika manusia kehujanan, lama kelamaan akan menggigil?
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.    apa yang dimaksud dengan amplitude
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.    Sebutkan benda yang dapat mencegah terjadinya perpindahan panas!
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.    sebutkan contoh pemantulan bunyi.
Jawab…………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar