BAHAN
AJAR
A. Pengertian
Bahan Ajar
•
Bahan ajar merupakan informasi, alat dan
teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan
implementasi pembelajaran.
•
Bahan
ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis
maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk
belajar.
B.
Bentuk
Bahan Ajar
•
Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar
kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
•
Audio Visual seperti: video/film,VCD
•
Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
•
Visual: foto, gambar, model/maket.
•
Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
C.
Cakupan
Bahan Ajar
•
Judul,
MP, SK, KD, Indikator, Tempat
•
Petunjuk
belajar (Petunjuk siswa/guru)
•
Tujuan
yang akan dicapai
•
Informasi
pendukung
•
Latihan-latihan
•
Petunjuk
kerja
•
Penilaian
D.
Penyusunan
Peta Bahan Ajar (Contoh Mapel Biologi)
E.
Alur
Analisis Penyusunan Bahan Ajar
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
1)
Pengertian
Lembar Kegiatan
Siswa
•
Lembar kegiatan siswa (student work sheet)
adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
•
Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah
untuk menyelesaikan suatu tugas.
•
Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat
berupa teori dan atau praktik.
2)
Manfaat
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Menurut tim instruktur PKG dalam Sudiati (2003 : 11-12), tujuan Lembar Kerja Siswa (LKS), antara lain:
- Sebagai alternatif guru untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan suatu kegiatan tertentu.
- Dapat mempercepat proses belajar mengajar dan hemat waktu mengajar.
- Dapat mengoptimalkan alat bantu pengajaran yang terbatas karena siswa dapat menggunakan alat bantu secara bergantian.
3)
Tujuan
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Azhar (1993) : 78) mengatakan bahwa “LKS dibuat bertujuan untuk menuntun siswa akan berbagai kegiatan yang perlu diberikan serta mempertimbangkan proses berpikir yang akan ditumbuhkan pada diri siswa. LKS mempunyai fungsi sebagai urutan kerja yang diberikan dalam kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler terhadap pemahaman materi yang telah diberikan”.
Menurut tim instruktur PKG dalam Sudiati (2003 : 11), tujuan Lembar Kerja Siswa (LKS), antara lain:
- Melatih siswa berfikir lebih mantap dalam kegiatan belajar mengajar.
- Memperbaiki minat siswa untuk belajar, misalnya guru membuat LKS lebih sistematis, berwarna serta bergambar untuk menarik perhatian dalam mempelajari LKS tersebut.
4) Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut:
ü Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan
materi pembelajaran.
ü Menyusun peta kebutuhan LKS
ü Menentukan judul LKS
ü Menulis LKS
ü Menentukan alat penilaian
5) Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:
ü Judul, mata pelajaran,
semester, tempat
ü
Petunjuk belajar
ü
Kompetensi yang akan dicapai
ü
Indikator
ü
Informasi pendukung
ü
Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
ü
Penilaian
CONTOH
BAHAN AJAR
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
ENERGI DAN PENGGUNAANNYA
A. Energi
Panas
Pernahkah kamu berjalan di siang
hari yang panas? Apakah yang kamu rasakan?
Kamu tentu akan merasakan panas
karena energi panas dari sinar matahari.
1. Sumber Energi Panas
Matahari
menyinari bumi, sehingga siang hari tampak terang benderang. Adanya sinar
matahari juga menjadikan bumi ini hangat. Matahari menyimpan energi panas yang
tidak pernah habis. Apakah energi panas itu? Adakah sumber energi panas selain
matahari?
Gesekan
dua buah batu secara terus menerus dapat menghasilkan energi panas. Nenek
moyang kita membuat api dengan cara menggesekkan batu. Jika batu terus
digesekkan, lama kelamaan dari antara kedua batu itu muncul percikan api. Api
inilah yang digunakan nenek moyang untuk menyalakan tungku masak.Namun di zaman
sekarang, kita tidak perlu menggesek-gesekkan batu untuk membuat api. Kita
hanya perlu menggesekkan batang korek api atau menyalakan pemantik api
otomatis. Kemudian api menyala.
Jadi bukan hanya matahari yang menjadi sumber energi
panas. Energi panas dapat diperoleh dari berbagai sumber lainnya. Semua yang
dapat menghasilkan panas disebut sumber panas. Gesekan dua benda menyebabkan
timbulnya energi panas. Lilin menyala menghasilkan panas.Sumbu kompor yang
dinyalakan juga menghasilkan panas untuk memasak makanan.
2.
Perpindahan Energi Panas
Energi
panas berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Untuk
membuktikannya lakukan percobaan berikut ini.
Panas
dapat berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Gagang
sendok semula tidak panas (dingin), tetapi setelah ujungnya ditempelkan pada
api lilin yang panas, sendok menjadi panas. Panas berpindah dari api lilin ke
sendok. Jadi, panas dapat berpindah dari sumbernya ke tempat lain. Perpindahan
panas seperti percobaan di atas disebut konduksi.
Konduksi
yaitu perpindahan panas melalui suatu zat perantara tanpa disertai perpindahan
partikel-partikel zat tersebut. Adapun perpindahan panas yang disertai dengan
perpindahan partikel zat disebut konveksi. Contoh konveksi adalah
perpindahan panas pada air. Ada juga perpindahan panas dengan pancaran atau radiasi.
Contohnya energi panas yang berasal dari pancaran sinar matahari terasa pada
kita yang ada di bumi.
Dapatkah
kita mencegah perpindahan panas? Jawabnya tentu tidak. Perpindahan panas akan
tetap terjadi dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Namun, kita
dapat memperlambat perpindahan panas itu. Misalnya dengan memasukkan air panas
ke dalam termos.
Termos
dapat memperlambat perpindahan panas, tetapi tetap tidak mampu mencegahnya.
Setelah beberapa hari atau minggu, air panas dalam termos akan menjadi dingin.
Termos dapat memperlambat perpindahan panas. Air panas yang dimasukkan ke dalam
termos dapat tetap panas untuk waktu yang lama. Bagian dalam termos terbuat
dari botol kaca yang dindingnya berlapis dua. Dinding gelas dicat dengan warna
putih perak. Ruang hampa antara kedua dinding botol dan cat putih perak
dapat memperlambat perpindahan panas. Bagian atas termos ditutup dengan gabus
atau plastik tahan panas.
Mari kita lakukan kegiatan ringan berikut ini.
Tujuan:
Merasakan perpindahan energi panas.
Siapkan alat dan bahan-bahannya:
Sebatang lilin, korek api, dan
sendok logam.
Langkah-langkahnya:
1. Nyalakan lilin dengan korek api.
2. Pegang gagang sendok.
3. Dekatkan ujung sendok ke api
lilin.
Setelah beberapa saat, apakah yang
kamu rasakan?
Bahan
Diskusi:
1. Apakah kamu merasakan gagang
sendok yang kamu pegang makin lama
makin panas? Mengapa demikian?
2. Apa kesimpulanmu?
SOAL
LATIHAN
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini
pada buku tugasmu.
A. Pilihlah salah satu jawaban yang
paling tepat.
1. Berikut ini yang tidak termasuk
sumber energi alternatif adalah . . . .
a. matahari
c. air terjun
b. minyak bumi
d. panas bumi
2. Benda yang tidak dapat
menghantarkan panas disebut . . . .
a. konduktor
c. radiasi
b. isolator
d. konveksi
3. Sumber energi panas terbesar
adalah . . . .
a. matahari
c. angin
b. air
d. panas bumi
4. Salah satu manfaat energi panas matahari
adalah ……
a. menjemur pakaian
c.
menggerakkan roda
b. menarik benda logam
d. mengubah
bentuk benda
5. Berikut ini adalah sumber energi
panas, kecuali ….
a. bermain gitar
c. menyalakan kompor
b. menyalakan setrika
d.
menggosokkan tangan
6.Termos
dapat memperlambat perpindahan energi ….
a. bunyi
c. panas
b. nuklir
d. matahari
7. Energi panas berpindah dari ….
a. tempat yang tinggi ke tempat yang
rendah
b. tempat bersuhu tinggi ke tempat
bersuhu rendah
c. tempat yang rendah ke tempat yang
tinggi
d. tempat bersuhu rendah ke tempat
bersuhu tinggi
8. Energi panas juga disebut juga
energi ….
a. kalor
c. listrik
b. motor
d. matahari
9. Perpindahan panas melalui suatu
zat perantara tanpa disertai
perpindahan partikel-partikel zat
tersebut disebut ….
a. radiator
c. konduksi
b. radiasi
d. konveksi
10. Sumber energi berikut ini yang
cepat habis adalah ……
a. angin
c. matahari
b. aliran air
d. batu bara
B. Jawablah pertanyaan
ini dengan jelas dan benar
1. Apakah yang dimaksud
dengan panel surya ?
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Mengapa ketika manusia
kehujanan, lama kelamaan akan menggigil?
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. apa yang dimaksud dengan
amplitude
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Sebutkan benda yang dapat
mencegah terjadinya perpindahan panas!
Jawab………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. sebutkan contoh
pemantulan bunyi.
Jawab…………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar